Selasa, 27 Maret 2012

Tumbuh karena profit

Trading diibaratkan menanam, jenis tanaman akan menentukan cara pemeliharaannya. Ada banyak cara menanam, mulai dari biji, cangkok, tempel dan banyak istilah-istilah lainnya. Kapan kita akan memetik hasilnya, 3 bulan kah atau nanti setelah 4 tahun.
Untuk tanaman jangka pendek pada saat panen adalah juga terhentinya semua aktifitas tanaman tersebut. Semisal menanam jagung, setelah panen maka pohonnya ditebang dan tanahnya diolah lagi, dan pada saat akan menanam tanaman yang sama, harus memulai dari awal lagi.
Tanaman jangka panjang semisal durian atau tanaman keras lainnya, yang kita lakukan adalah mulai menanam bisa dari biji atau cangkok.
Keunggulan dari biji adalah pohon akan tumbuh dengan kokoh karena didukung oleh akar-akar yang kuat menancam dan mencengkeram tanah.
Untuk cangkok lebih cepat berbuah tetapi pohon tidak bisa sekokoh tanaman dari biji.
Disini saya tidak bisa menjabarkannya secara detail, tetapi perumpamaan diatas diharapkan bisa memberikan gambaran kepada pola trading kita nantinya.
Tumbuh ( dan berkembang ) karena profit, diibaratkan tanaman adalah kemampuan tumbuh tanaman tersebut haruslah bagus dan itu berasal dari bibit yang bagus juga.
Air, pupuk, perawatan adalah hanya sebagai pendukung.
Jadi niat yang baik dan kualitas trader adalah faktor utama, investor adalah hanya sebagai pendukung.